You are currently viewing Hindari Salah Pilih Jurusan, Santri Kelas XII Ikuti Asesmen Bakat Minat (ABM)

Hindari Salah Pilih Jurusan, Santri Kelas XII Ikuti Asesmen Bakat Minat (ABM)

Garut, 06 November 2023. Pemerintah melalui Kemdikbud menggelar Asesmen Bakat Minat (ABM) bagi siswa kelas XII. Mln/MA Persis Tarogong sebagai institusi Pendidikan turut ambil bagian dalam pelaksanan ABM. Pelayanan ABM sendiri bertujuan untuk memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

Asesmen Bakat Minat (ABM) merupakan tes yang mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuan peserta didik pada bakat di bidang-bidang khusus dan minat berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan tertentu. Hasil ABM diharapkan dapat memberikan gambaran kepada peserta didik pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran.

Aspek yang diukur dalam Tes Bakat terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan Tes Minat. Berbeda dari tes prestasi yang mengukur pengetahuan akademik, ABM disusun tidak berdasar silabus mata pelajaran tertentu sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan