KOMPOVAP, Kampanye Madrasah Melawan Perundungan

Garut, 19/11/23. Kompovap atau Kompetisi Poster dan Video Anti Perundungan merupakan kegiatan yang dikomandoi oleh Iis Latifah selaku Staf Madrasah Bidang Pengembangan Prestasi. Kegiatan yang bersinergi dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA) ini dilaksanakan selama dua pekan. Kompovap merupakan aktivitas puncak dari P5-PPRA dengan tema bangunlah jiwa dan raganya.

Kompovap adalah kegiatan yang menggabungkan dua aktivitas, kampanye anti perundungan dan kompetisi antar santri atau kelas. Kompovap diikuti oleh 27 kelas, dimana masing-masing kelas mengirimkan poster dakwah terbaiknya serta video pendek yang kemudian akan dinilai oleh tim juri. Kompovap itu sendiri selain sebagai ajang kampanye juga menjadi ajang asah kreativitas, bakat, dan minat santri dalam pembuatan konten kreasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini konten kreasi menjadi salah satu media dakwah yang jangkauannya sangat luas dan diikuti oleh hampir semua kalangan, dari mulai remaja hingga orang tua, dari genZ, milenial, dan lainnya.

Kampanye anti perundungan dan tindak kekerasan di Madrasah ini pun tidak terlepas dari kekhawatiran madrasah terhadap banyaknya kasus bullying yang saat ini marak terjadi baik secara verbal ataupun non verbal, baik di dunia nyata atau di dunia maya yang menimpa banyak pelajar. Tercatat 23 kasus bullying terjadi di sekolah dalam rentang waktu Januari-September menurut data FSGI (Federasi Serikat Guru Indonesia). Hal tersebut tentu saja meresahkan, maka kompovap ini diharapkan bisa mengurangi angka bullying, khususnya di MA Persis Tarogong.

Berikut pemenang Kompavap 2023:

Juara Poster Dakwah

KELAS X

Juara 1: X-G

Juara 2: X-I

Juara 3: X-E

 

KELAS XI

Juara 1: XI MIPA 3

Juara 2: XI AGAMA 1

Juara 3: XI IPS 2

 

KELAS XII

Juara 1: XII IPA 3

Juara 2: XII IAI 2

Juara 3: XII IPA 5

 

Juara Video Pendek

KELAS X

Juara 1: X-I

Juara 2: X-D

Juara 3: X-C

 

KELAS XI

Juara 1: XI MIPA 2

Juara 2: XI PS 3

Juara 3: XI AGAMA 1

 

KELAS XII

Juara 1: XII IPA 5

Juara 2: XII IPS 2

Juara 3: XII IPA 1

Selamat buat para pemenang.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan