Sambut Wajib Kurmer 2024, 13 Madrasah Gelar Workshop IKM

Garut, 25/22/2023. 13 Madrasah yang berada di bawah pengawas bina Drs. Yadi Prihmayadi menggelar Workhsop IKM. Kegiatan tersebut diikuti oleh para Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan Operator Madrasah. Pada Workshop kali ini, MA Persis Tarogong bertindak sebagai tuan rumah yang mana kegiatan bertempat di Aula Multimedia MA Persis Tarogong. Workshop yang berlangsung selama tujuh jam ini berlangsung sebagai persiapan dalam menyambut kurikukulum Merdeka yang wajib diimplementasikan di tiap madrasah pada tahun 2024.

MA Persis Tarogong dipilih menjadi penyelenggara mengingat telah menjadi Piloting Project dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka selama satu tahun kebelakang. Workshop IKM kali ini mendatangkan Drs.H. Munip, M.Pd. sebagai narasumber, dan H. Surya Mulyana, M.Ag. sebagai Kepala Penmad Kemenag Garut untuk memberikan sambutan, serta Drs. Yadi Prihmayadi sebagai pengawas bina untuk memberikan pembekalan terkait PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah).

Pada kesempatan ini, Bapak Munip menyampaikan materi mengenai KOM, Modul Ajar, dan Asesmen. KOM merupakan rencana proses belajar di Madrasah sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Dikembangkan sesuai dengan struktur kurikulum dan standar yang telah ditetapkan pemerintah. Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar, berupa dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Sedangkan Asesmen Kurikulum Merdeka sendiri merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam suatu pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Ada dua jenis asesmen yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka, yaitu formatif dan sumatif. Asesmen tidak hanya dilakukan di akhir pembelajaran, tapi dalam proses pembelajaran.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan